Selasa, 29 Maret 2011

STIE IEU





STIE IEU JOGJAKARTA
Jl. Gedongkuning Selatan No.8 Telp. (0274) 415005 Jogjakarta
Telp. (0274) 415005, 081328876620
Sms : 081 1252 772
eMail : ieugedongkuning@gmail.com

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Isti Ekatana Upaweda Yogyakarta (STIE IEU) berdiri pada tanggal 23 Juni 1995 mengelola Program Studi S1 Manajemen. Pada saat ini STIE IEU terdiri dari tiga Program Studi yaitu :
1. S1 Manajemen Rumah Sakit
2. S1 Manajemen Apotek Farmasi
3. S1 Manajemen Transportasi Udara
program studi strata S1 telah terakreditasi oleh BAN PT Nomor : 002/BAN-PT/Ak-X/S1/Y/2006.


1.1. Visi, Misi dan Tujuan
Sebagai Institusi perguruan tinggi, penyelenggaraan kegiatan akademik STIE IEU berdasarkan pada visi, misi dan tujuan yang dirumuskan dari berbagai aspirasi dosen, karyawan dan mahasiswa STIE IEU, yang berbasiskan pada visi, misi dan tujuan STIE IEU. Berdasarkan berbagai masukan tersebut, visi, misi dan tujuan STIE IEU disusun oleh tim yang dibentuk oleh ketua. Visi, misi dan tujuan STIE IEU adalah sebagai berikut.

1.1.1 Visi
Visi Prodi Manajemen STIE IEU Yogyakarta adalah sebagai institusi pendidikan tinggi yang unggul dalam menghasilkan mutu lulusan sebagai professional dan wirausahawan secara nasional

1.1.2 Misi
Misi Prodi Prodi Manajemen STIE IEU Yogyakarta menciptakan alumni yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan dan berkonsentrasi pada sector wirausaha (entrepreneur), dengan keahlian mampu membaca peluang pasar pada lingkungannya, secara strategis dapat meningkatkan pertumbuhan dan pengembangan ekonomi dalam kontek Indonesia.

1.1.3 Tujuan
Tujuan STIE IEU adalah:

1. Memberikan mahasiswa suatu pengetahuan dan pemahaman secara deskriptif dan teoritis yang beroreintasi praktis.
2. Memfokuskan pada inovatif yang interaktif dan experiental, untuk merangsang cara berfikir yang kritis.
3. Menciptakan suatu kemampuan dalam menilai suatu prosedur secara imajinatif dan bervariasi.
4. Menciptakan mahasiswa yang mampu menjembatani dan memberikan konsultasi bisnis pada suatu perusahaan mikro

Visi, misi, dan tujuan tersebut berorientasi ke masa depan yang lebih baik, serta konsisten dengan perkembangan sejarah, budaya, dan nilai-nilai pendidikan serta mencerminkan standar keunggulan yang dicita-citakan oleh STIE IEU.
Visi, misi dan tujuan tersebut mencerminkan standar keunggulan cita-cita yang diupayakan untuk dapat diwujudkan. Hal ini dapat dilihat dengan diterjemahkannya visi, misi dan tujuan STIE IEU tersebut secara konseptual dan pragramatik dengan menentukan sasaran-sasaran untuk waktu tertentu yang disusun berdasarkan analisis SWOT (strenght, weakness, opportunity, threat) dengan memperhatikan visi, misi dan tujuan STIE IEU. Untuk mengoperasionalkannya, ketiganya dijabarkan melalui program kerja dan target setiap tahun yang melibatkan pengurus, dosen, karyawan dan mahasiswa.
Di samping itu sosialisasi dari visi, misi dan tujuan terus diusahakan dalam bentuk buku pedoman akademik, forum pertemuan pimpinan dengan dosen dan karyawan, forum orientasi bagi dosen dan karyawan baru, kegiatan inisiasi mahasiswa baru, kegiatan perkuliahan, dan dalam acara-acara tertentu, misalnya acara rekoleksi dan refleksi bagi dosen dan karyawan.

1.2. Sistem
1.2.1. Struktur Organisasi
Berdasarkan struktur organisasi yang tergambar pada Statuta Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Isti Ekatana Upaweda Yogyakarta (STIE IEU), elemen struktural STIE IEU terdiri dari :
(1). Unsur Pimpinan: Ketua dan Pembantu Ketua
(2). Unsur Pelaksana Akademik: Program Studi, Laboratorium, LP2M dan Dosen
(3). Unsur Pelaksana Administratif dan Pembantu Pelaksana :
- Kepala Bagian Tata Usaha
- Kepala Sub Bagian Perkuliahan
- Kepala Sub Bagian Ujian dan Yudisium
- Kepala Sub Bagian Umum
Ketua bertugas dan bertanggungjawab untuk memimpin pengelolaan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta membina sumberdaya akademik yang terdiri dari tenaga kependidikan (dosen), tenaga administratif, laboran, pustakawan serta mahasiswa. Dalam pelaksanaan tugasnya Ketua bertanggungjawab kepada Yayasan, dan dalam menjalankan tugas sehari-hari Ketua dibantu oleh tiga orang Pembantu Ketua, yaitu Pembantu Ketua I (bidang akademik dan sistem informasi), Pembantu Ketua II (bidang keuangan, sumber daya manusia dan sarana/prasarana), Pembantu Ketua III (bidang kemahasiswaan, promosi dan kerjasama).
Senat STIE IEU, yang pengangkatan anggotanya ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Ketua, berfungsi sebagai badan normatif dan lembaga perwakilan tertinggi dosen di lingkungan STIE IEU. Senat STIE IEU secara paralel menjadi penyeimbang dan pemberi pertimbangan normatif dalam proses pembuatan keputusan pimpinan STIE IEU. Anggota Senat STIE IEU minimal memiliki jabatan akademik Asisten Ahli.
Program studi merupakan unsur pelaksana akademik yang dipimpin oleh seorang Ketua Program Studi yang bertanggungjawab kepada Ketua. Ketua Program Studi dibantu oleh seorang Sekretaris Program Studi.
STIE IEU memiliki laboratorium komputer yang dipimpin oleh Ketua Laboratorium Komputer, dengan dibantu oleh seorang laboran dan sejumlah asisten matakuliah pengguna laboratorium, Ketua Laboratorium bertanggungjawab kepada Ketua (c.q Pembantu Ketua I), sedangkan laboran bertanggungjawab kepada Ketua Laboratorium. Laboratorium Komputer ditujukan untuk mendukung aktivitas perkuliahan terkait, di samping praktikum, lokakarya dan pelatihan serta mengolah data penelitian.
STIE IEU juga mempunyai Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) yang dipimpin oleh Kepala dan dibantu oleh Sekretaris, bendahara dan 2 orang anggota. Kepala LP2M langsung bertanggungjawab kepada Ketua, sedangkan sekretaris bertanggungjawab kepada Kepala LP2M. Kepala LP2M juga bertanggungjawab atas kegiatan Karya Ilmiah. Kegiatan LP2M diantaranya menerbitkan jurnal ilmiah dan seminar secara rutin.
Bagian Tata Usaha STIE IEU merupakan unsur pelaksana yang memberikan layanan teknis dan administratif untuk menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi pada tingkat STIE IEU. Bagian ini dipimpin oleh seorang Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) yang bertanggungjawab kepada Ketua melalui Pembantu Ketua II. Ia dibantu oleh Kepala Sub Bagian Umum, Kepala Sub bagian Perkuliahan dan Kepala Sub bagian Ujian dan Yudisium.

1.2.2. Mekanisme Koordinasi dan Cara Kerja
Mekanisme Koordinasi dan Cara Kerja STIE IEU/Program Studi serta kebijakan yang bersifat strategis jangka panjang (lima tahun) disusun oleh sebuah tim yang dibentuk oleh Ketua. Tim akan mengumpulkan masukan dari segenap elemen STIE IEU, yaitu pengurus, dosen, karyawan, dan mahasiswa. Masukan tersebut dipadukan dengan Rencana Lima Tahun (Renata) STIE IEU yang baru dan Rencana Lima Tahun STIE IEU sebelumnya. Rencana Lima Tahun inilah yang akan dijadikan pijakan untuk menyusun kebijakan dan keputusan pada rentang waktu yang sama.
Proses pengambilan keputusan dan penentuan kebijakan akademik pada tingkat STIE IEU dilakukan melalui mekanisme rapat dan atau lokakarya yang diikuti oleh seluruh komponen akademik STIE IEU secara kolegial, partisipatoris dan egalitarian. Hal sama juga berlangsung pada tingkat Program Studi, Lokakarya dan Rapat STIE IEU akan membahas dan mengkoordinasikan hasil pertemuan pada tingkat Program Studi. Keputusan-keputusan yang bersifat temporer dan taktis/operasional tersebut dilakukan melalui mekanisme Rapat Kerja STIE IEU, Rapat Ketua dan Rapat Program Studi, selain Lokakarya Anggaran (dikoordinasikan oleh Pembantu Ketua II), Lokakarya Akademik (dikoordinasikan oleh Pembantu Ketua I) serta Musyawarah Besar Mahasiswa (dikoordinasikan oleh Pembantu Ketua III).
Pengambilan keputusan operasional pada dasarnya dilakukan secara independen melalui pendelegasian kepada masing-masing pejabat struktural, baik pada tingkat STIE IEU maupun Program Studi, sesuai dengan tingkat dan cakupan kewenangannya untuk kemudian dilaksanakan melalui koordinasi dengan bidang-bidang atau bagian-bagian terkait sesuai prosedur. Mekanisme pengambilan keputusan, tugas, tanggungjawab dan kewenangan yang dimiliki senat STIE IEU, pejabat struktural dan dosen diatur pada Buku Pedoman Peraturan kepegawaian yang disahkan oleh yayasan Kartika Widya dan Pedoman Tugas dan Wewenang STIE IEU. Dalam hal pengelolaan keuangan, secara umum STIE IEU masih bersifat sebagai “spending unit”. Anggaran pendapatan dan belanja STIE IEU per tahun diajukan kepada STIE IEU untuk mendapatkan persetujuan melalui rapat yang dihadiri para pengurus STIE IEU dan Yayasan. Persetujuan anggaran dituangkan di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) STIE IEU yang disahkan oleh yayasan. Di dalam APB inilah anggaran pendapatan dan belanja STIE IEU dan Program Studi dicantumkan dan dijadikan patokan STIE IEU dan Program Studi dalam mengelola keuangan unit selama satu tahun anggaran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar